Peringatan Hari Jadi Ke-269 Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2024

admin s 13 Maret 2024 10:33:47 WIB

Hargosari (SIDA) Hari ini merupakan Peringatan Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta yang ke-269,di kutip dari portal resmi Pemerintah Daerah DIY bahwa Tanggal 13 Maret 1755 telah ditetapkan sebagai Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penetapan tanggal lahir tersebut berdasarkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Hari Jadi DIY yang telah disetujui bersama oleh Pemda DIY dan DPRD DIY. Dengan disetujuinya Raperda tersebut, maka DIY akan merayakan peringatan Hari Jadi Ke 269 pada 2024 ini.

Penentuan tanggal lahir DIY itu bertepatan dengan peristiwa bersejarah Hadeging Nagari Dalem Kasultanan Mataram Ngayogyakarta Hadiningrat atau separuh Nagari Mataram. Peristiwa Hadeging Nagari sekaligus menandai berdirinya negara dan pemerintahan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dengan segala komponennya meskipun belum mempunyai istana atau ibu kota kerajaan.

Pada Selasa malam Pemerintah kalurahan Hargosari melakukan kegiatan malam tirakatan dalam rangka memperingati hari jadi ke-269 daerah istimewa yogyakarta tersebut yang dilakukan di pendopo Kalurahan Hargosari bersama Bamuskal dan Lpmkal yang dilakukan secara serentak melalui zoom di Bangsal Kepatihan Yogyakarta.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar